Latest Updates

Latar Belakang Pemikiran Tema "Akrab dan Damai"

Latar Belakang Pemikiran Tema

TENTANG AKRAB DAN DAMAI

Buku Panduan Akrab dan Damai
Hidup itu amatlah berharga. Oleh karena itu manusia selalu berusaha mempertahankan hidupnya. Kalau sakit atau terancam nyawanya ia akan selalu mencoba untuk mempertahankan hidupnya dengan berobat, perawatan, dan kalau perlu dengan senjata untuk mempertahankan hidupnya.

Masyarakat kita sangat menjunjung tinggi kehidupan. Oleh sebab itu, mereka berusaha mengamankan hidupnya (dengan menjaga hubungan yang selaras) dengan sesamanya,  dengan lingkungannya, dan dengan dunia adikodrati. Mereka juga berusaha melanggengkan hidupnya melalui keturunan. Kehidupan itu sungguh bernilai. Manusia tidak akan menyia-nyiakannya atau mempertukarkannya dengan hal-hal yang lain.

Pertanyaan mengenai makna hidup bukanlah hal yang baru. Pertanyaan itu selalu ada namun demikian, tampaknya pertanyaan itu menjadi jauh lebih sulit bagi manusia dewasa ini. Sebab kini manusia hidup di tengah-tengah lingkungan dunia yang terlampau luas. Bahkan tak terjangkau lagi olehnya. Terlebih lagi dewasa ini banyak sekali tawaran yang menyodorkan jawaban yang berbeda-beda. Bidang kehidupan seperti bekerja, keluarga, rekreasi, hubungan antar manusia dan sebagainya sering terasa tidak berhubungan lagi satu dengan yang lainnya.

Di dalam dunia yang semakin berkembang ini manusia dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan tentang perkembangan dunia modern, tentang tempat dan peranan manusia di alam semesta, tentang arti usaha-usaha baik secara perorangan ataupun bersama-sama dan akhirnya tentang tujuan akhir dunia dan manusia ini.

Manusia bukan hanya penghuni dunia dan alam semesta. Manusia mengolahnya, hidup darinya, dan bertanggung jawab atasnya. Oleh karena itu, manusia diberi kepercayaan untuk ikut “menciptakan” dunia, maka dunia harus senantiasa baru dan harus sesuai dengan tujuan hidup manusia. Dalam dunia macam ini Tuhan mempercayakan manusia mengurus dunia ini sendiri.

Akhir-akhir ini, sikap kasar terhadap hidup, cukup merebak di tanah air kita. Anak-anak muda sepertinya tertarik terhadap film-film, berita-berita, dan peristiwa-peristiwa yang bernafaskan kekerasan. Hal-hal seperti ini perlu diwaspadai diantisipasi penanganannya secara lebih dini dan tepat.

Mengupayakan keadaan yang damai merupakan kewajiban orang Kristen dalam mewujudkan iman mereka akan Kristus yang adalah “damai sejahtera kita” yang “merubuhkan tembok pemisahan, yaitu perseteruan” dan yang mengajar para pengikutnya: “Berbahagialah yang membawa damai” (Mat 5:9).

Baca juga:


0 Response to "Latar Belakang Pemikiran Tema "Akrab dan Damai""

Posting Komentar

Total Pageviews

Temukan Tips Tentang

5 roti dan 2 ikan Abraham Adam Akrab Damai Aku Bisa Kamu Bisa aku percaya alat peraga alat-alat liturgi alba amice amik anak yang hilang baptis belajar bersama berbagi berdoa Biar Beda Bersahabat biarawan biarawati BIleam boneka tangan Cerita collar copy master corporale Daud Dialog doa katolik doa kemenangan Domino Dovi Ekaristi Esau Ester Firman flash card gender gereja gereja dan hidup kristiani Gereja Katolik Goliat Gomora Hawa hidup kristiani I Love Bible I'm Christian I’m Christian imam iman Injil Ishak jubah Kain Flanel Kanaan kardinal kartu kwartet kartu pendapat karya Yesus kasula Kata Tersembunyi Katekismus Katolik Ke Gereja Yuk keakraban kedamaian Kejadian kelahiran Yesus keragaman kesehatan ilahi kesetaraan ketopong keselamatan Kipas Kasih Sayang Kitab Suci Kitab Suci dan Tradisi kolar Kompendium Katekismus kongregasi Latar Belakang Lea liturgi Logico Lukas Matius media ajar memaafkan membahagiakan Mencintai Lingkungan Hidup mendoakan anak menghargai menyembuhkan orang sakit menyerahkan anak Mesir minggu palma Misa Kudus mujizat murid Yesus Musa Naomi narasi Natal orang tua orang tua yang berdoa ordo pakaian imam pakaian liturgi palla palma Pantokrator patena patung lembu emas paus Paus Benedictus XVI peduli pekan suci pembaptisan pendampingan iman anak pendeta pendidikan iman Katolik Perayaan Ekaristi perbedaan perjamuan terakhir Perjanjian Baru Perjanjian Lama permainan edukatif persahabatan perumpamaan piala pocket story poster mencintai lingkungan hidup puncak hidup umat purifikatorium Rahel Ribka rohaniwan rohaniwati Rut Sakramen Baptis salib Sara saudara Saul sekolah minggu Seri Emmanuel Sheepo sibori Simson singel Sodom Stavronikia Monastery stola Sumber hidup Suplemen Syahadat Para Rasul syahadat singkat tanda perlindungan Tema The Icon of Christ Theophanos of Creta Tradisi Tuhan Yesus Dengarlah Doaku Yakub Yerikho Yerusalem Yesus Yesus disalib Yesus naik surga Yosua Yunus Yusuf