Latest Updates

Latar belakang Tema "Biar Beda Tetap Bersahabat"

Poster Biar Beda Tetap Bersahabat
Perbedaan adalah hal yang amat biasa di alam semesta ini. Tanpa adanya perbedaan betapa akan menjemukan keadaan alam semesta. Dengan adanya perbedaan memungkinkan variasi yang menyenangkan. Kenyataan yang ada di dunia ini menunjukkan bahwa walaupun ada perbedaan manusia satu sama lain saling membutuhkan dan melengkapi.

Namun sayangnya, manusia cenderung berteman dan bergaul dengan orang-orang yang sesuai dengan keinginannya, entah dalam hal minat, hobi, keyakinan ataupun agama. Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa siapa saja yang tak termasuk kelompoknya bukanlah teman atau saudaranya. Jika sikap semacam ini yang dihayati oleh banyak orang, maka pertentangan atau pertengkaran di manamana akan mudah terjadi. Kebalikan dari sikap ini ialah kesiapan menerima perbedaan bukan sebagai masalah tetapi sebagai hal yang wajar, mengingat kita hidup dalam dunia yang penghuninya berasal dari berbagai suku dan budaya; menganut berbagai agama dan aliran kepercayaan; mempunyai beragam ciri fisik dan tingkat ekonomi; dan terdiri dari dua jenis kelamin.

Dari semua perbedaan yang disebutkan di atas, akhir-akhir ini perbedaan agamalah yang paling mudah atau paling sering menimbulkan masalah. Ada banyak agama dan aliran kepercayaan di Indonesia, baik agama Katolik, Kristen, Islam, Hindu, Budha, Khonghucu, dan berbagai aliran kepercayaan. Masing-masing agama dan aliran kepercayaan itu memang memiliki keunikan dan tata cara beribadat yang berbedabeda, namun sebenarnya pribadi mahatinggi yang disembah oleh berbagai agama dan kepercayaan itu satu dan sama. Karena sebagai manusia kita diciptakan oleh pribadi ilahi yang sama, maka bisa juga kita meyakini bahwa semua manusia, apapun agama dan kepercayaannya, adalah sama-sama keturunan Adam dan Hawa yang dulu diciptakan Allah dan ditempatkan di Taman Eden. Dengan demikian, semua manusia itu sebenarnya satu saudara, sama-sama citra Allah dan sama pula martabatnya.

Karena kita semua adalah saudara, walaupun di antara kita terdapat berbagai perbedaan, kita semua layak berada dalam kesatuan seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri Negara Republik Indonesia. Cita-cita persatuan dan kesatuan itu telah dituangkan melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 45 yang berarti ”Walaupun Berbeda-beda tetapi Tetap Satu Jua”.

Adanya perbedaan, jika hal itu diterima sebagai hal yang wajar maka tidak akan menimbulkan masalah. Namun, jika perbedaan itu ditolak dan ada yang mau menyeragamkan, mulailah ada masalah karena yang satu akan merasa lebih tinggi dan yang lain direndahkan. Kita sebagai citra Allah yang merupakan satu saudara keturunan Adam dan Hawa, dan sebagai warga negara Indonesia yang telah dipersatukan dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” sebaiknya sejak dini menumbuhkan dan memupuk kesadaran untuk menghargai semua orang dan mempererat persahabatan tanpa mempermasalahkan perbedaan-perbedaan yang ada. Itulah makna ”Biar Beda Tetap Bersahabat”.

Baca juga:


0 Response to "Latar belakang Tema "Biar Beda Tetap Bersahabat""

Posting Komentar

Total Pageviews

Temukan Tips Tentang

5 roti dan 2 ikan Abraham Adam Akrab Damai Aku Bisa Kamu Bisa aku percaya alat peraga alat-alat liturgi alba amice amik anak yang hilang baptis belajar bersama berbagi berdoa Biar Beda Bersahabat biarawan biarawati BIleam boneka tangan Cerita collar copy master corporale Daud Dialog doa katolik doa kemenangan Domino Dovi Ekaristi Esau Ester Firman flash card gender gereja gereja dan hidup kristiani Gereja Katolik Goliat Gomora Hawa hidup kristiani I Love Bible I'm Christian I’m Christian imam iman Injil Ishak jubah Kain Flanel Kanaan kardinal kartu kwartet kartu pendapat karya Yesus kasula Kata Tersembunyi Katekismus Katolik Ke Gereja Yuk keakraban kedamaian Kejadian kelahiran Yesus keragaman kesehatan ilahi kesetaraan ketopong keselamatan Kipas Kasih Sayang Kitab Suci Kitab Suci dan Tradisi kolar Kompendium Katekismus kongregasi Latar Belakang Lea liturgi Logico Lukas Matius media ajar memaafkan membahagiakan Mencintai Lingkungan Hidup mendoakan anak menghargai menyembuhkan orang sakit menyerahkan anak Mesir minggu palma Misa Kudus mujizat murid Yesus Musa Naomi narasi Natal orang tua orang tua yang berdoa ordo pakaian imam pakaian liturgi palla palma Pantokrator patena patung lembu emas paus Paus Benedictus XVI peduli pekan suci pembaptisan pendampingan iman anak pendeta pendidikan iman Katolik Perayaan Ekaristi perbedaan perjamuan terakhir Perjanjian Baru Perjanjian Lama permainan edukatif persahabatan perumpamaan piala pocket story poster mencintai lingkungan hidup puncak hidup umat purifikatorium Rahel Ribka rohaniwan rohaniwati Rut Sakramen Baptis salib Sara saudara Saul sekolah minggu Seri Emmanuel Sheepo sibori Simson singel Sodom Stavronikia Monastery stola Sumber hidup Suplemen Syahadat Para Rasul syahadat singkat tanda perlindungan Tema The Icon of Christ Theophanos of Creta Tradisi Tuhan Yesus Dengarlah Doaku Yakub Yerikho Yerusalem Yesus Yesus disalib Yesus naik surga Yosua Yunus Yusuf