Latest Updates

Pengantar Ketua Komisi Kateketik atas Penerbitan Seri Emmanuel

Seri Emmanuel - Contoh Isi
Selama ini banyak aktivis Pendampingan Iman Anak merasa kesulitan menemukan bahan dan menggunakan aneka metode untuk mendampingi kegiatan Pendampingan Iman Anak, baik tingkat lingkungan, stasi, maupun paroki. Kebanyakan dari mereka melakukan pendampingan dengan bahan seadanya dan metodenya biasa-biasa saja, tanpa ada unsur kreatif dan inovatif. Dapatlah dibayangkan bahwa kegiatan Pendampingan Iman Anak, di satu pihak, tidak menarik lagi bagi anak-anak karena bahannya itu-itu saja, prosesnya monoton, di lain pihak, para pendamping pun tidak bersemangat atau malahan tidak percaya diri untuk melakukan pendampingan, dengan alasan bahannya terbatas, sarananya tidak ada, dan tidak mampu berkreasi, dan sebagainya.


Seri Emmanuel, Program Pendampingan Iman Anak Kristiani, merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh para aktivis Pendampingan Iman Anak. Buku ini berusaha menyediakan bahan dampingan bagi kegiatan Pendampingan Iman Anak, menampilkan aneka metode yang kreatif dan inovatif, serta penggunaan aneka sarana yang diperlukan, baik yang berasal dari bahanbahan sederhana maupun yang bersifat canggih.


Seri Emmanuel menyajikan bahan-bahan untuk menyadarkan anak-anak agar memahami dan menghayati
1. hidup menggereja atau menjemaat, dengan cara:
a. ikut berperan dalam aktivitas setelah menerima sakramen Baptis (baik tingkat lingkungan, stasi, maupun paroki) dengan menjadi Putra-Putri Altar atau Misdinar, menjadi anggota koor, menjadi lektor, dan sebagainya,
b. hidup berliturgi, misalnya rajin mengikuti Ekaristi, berani memimpin doa, dan sebagainya,
c. berkomunikasi dan mengenal orang lain (pengurus lingkungan, pengurus dewan paroki, pastor paroki, dan sebagainya).
2. hidup memasyarakat, yakni memahami dan menghayati nilai-nilai keutamaan hidup bersama orang lain (kasih, kejujuran, kerjasama, solidaritas, dan sebagainya), mencintai lingkungan hidup, dan sebagainya.


Semoga Seri Emmanuel ini dapat membantu para aktivis Pendampingan Iman Anak dalam mengupayakan pendampingan yang lebih baik, maksimal, dan optimal; para orangtua yang ingin membantu anak-anaknya berkembang dalam iman, sebab merekalah ”pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya” (Gravissimum Educationis, art. 3 dan Familiaris Consortio, art. 36); para pemerhati Pendampingan Iman Anak; dan siapa saja yang berminat.


Akhirnya, terima kasih saya ucapkan kepada Penerbit Kanisius, yang telah memfasilitasi terbitnya Seri Emmanuel; para penulis dan pendamping, yang merelakan waktu, tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan penulisan bukunya; para aktivis dan pemerhati Pendampingan Iman Anak, para orangtua, dan siapa saja yang menggunakan seri ini.


Muntilan, 4 Mei 2007
L. Prasetya Pr
Ketua Komisi Kateketik KAS




0 Response to "Pengantar Ketua Komisi Kateketik atas Penerbitan Seri Emmanuel"

Posting Komentar

Total Pageviews

Temukan Tips Tentang

5 roti dan 2 ikan Abraham Adam Akrab Damai Aku Bisa Kamu Bisa aku percaya alat peraga alat-alat liturgi alba amice amik anak yang hilang baptis belajar bersama berbagi berdoa Biar Beda Bersahabat biarawan biarawati BIleam boneka tangan Cerita collar copy master corporale Daud Dialog doa katolik doa kemenangan Domino Dovi Ekaristi Esau Ester Firman flash card gender gereja gereja dan hidup kristiani Gereja Katolik Goliat Gomora Hawa hidup kristiani I Love Bible I'm Christian I’m Christian imam iman Injil Ishak jubah Kain Flanel Kanaan kardinal kartu kwartet kartu pendapat karya Yesus kasula Kata Tersembunyi Katekismus Katolik Ke Gereja Yuk keakraban kedamaian Kejadian kelahiran Yesus keragaman kesehatan ilahi kesetaraan ketopong keselamatan Kipas Kasih Sayang Kitab Suci Kitab Suci dan Tradisi kolar Kompendium Katekismus kongregasi Latar Belakang Lea liturgi Logico Lukas Matius media ajar memaafkan membahagiakan Mencintai Lingkungan Hidup mendoakan anak menghargai menyembuhkan orang sakit menyerahkan anak Mesir minggu palma Misa Kudus mujizat murid Yesus Musa Naomi narasi Natal orang tua orang tua yang berdoa ordo pakaian imam pakaian liturgi palla palma Pantokrator patena patung lembu emas paus Paus Benedictus XVI peduli pekan suci pembaptisan pendampingan iman anak pendeta pendidikan iman Katolik Perayaan Ekaristi perbedaan perjamuan terakhir Perjanjian Baru Perjanjian Lama permainan edukatif persahabatan perumpamaan piala pocket story poster mencintai lingkungan hidup puncak hidup umat purifikatorium Rahel Ribka rohaniwan rohaniwati Rut Sakramen Baptis salib Sara saudara Saul sekolah minggu Seri Emmanuel Sheepo sibori Simson singel Sodom Stavronikia Monastery stola Sumber hidup Suplemen Syahadat Para Rasul syahadat singkat tanda perlindungan Tema The Icon of Christ Theophanos of Creta Tradisi Tuhan Yesus Dengarlah Doaku Yakub Yerikho Yerusalem Yesus Yesus disalib Yesus naik surga Yosua Yunus Yusuf